Kamis, 15 Januari 2009

ILMU ALAM

Ilmu alam (bahasa Inggris: natural science) atau ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.

Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial , humoniora, teologi, dan seni.

Matematika tidak dianggap sebagai ilmu alam, akan tetapi digunakan sebagai penyedia alat/perangkat dan kerangka kerja yang digunakan dalam ilmu-ilmu alam. Istilah ilmu alam juga digunakan untuk mengenali "ilmu" sebagai disiplin yang mengikuti metode ilmiah, berbeda denganfilsafat alam. Di sekolah, ilmu alam dipelajari secara umum di mata pelajaran ilmu Pengetahuan Alam(biasa disingkat IPA).

Tingkat kepastian ilmu alam relatif tinggi mengingat obyeknya yang kongkrit, karena hal ini ilmu alam lazim juga disebut ilmu pasti.

Di samping penggunaan secara tradisional di atas, saat ini istilah "ilmu alam" kadang digunakan mendekati arti yang lebih cocok dalam pengertian sehari-hari. Dari sudut ini, "ilmu alam" dapat menjadi arti alternatif bagibiologi, terlibat dalam proses-proses biologis, dan dibedakan dari ilmu fisik(terkait dengan hukum-hukum fisika dan kimia yang mendasari alam semesta).

1 komentar:

  1. Apakah saat ini anda sedang putus asa dan hilang kepercayan dengan yang namanya cari uang lewat internet. Kalau keadaan itu yang anda alami anda harus baca informasi berikut ini.Saya baru menemukan sesuatu yang sangat spesial. Yaitu http://www.boodaq.com/pages/index.php?refid=maikon. Di website ini anda kan di bayar dengan USD bukan dolar zimbabwe.
    Cashout nya minimal 20.000USD. Dan setiap e-mail anda akan di bayar sebesar 10$. Ini bukan scam coba saja anda cek di google.Rubahlah hidup anda mulai dari sekarang. Ingat masuklah situs http://www.boodaq.com/pages/index.php?refid=maikon. Saat anda mendaftar pilih semua interestnya.

    Apabila ada sesuatu hal hubungi:
    maikonpailo@yahoo.com

    BalasHapus